Friday, September 8, 2017

Kalian Anak Sulung Harus Baca Ini

       Menjadi anak sulung saya rasa enggak ada enaknya dan cenderung terus-terusan merasa iri sama adik-adik kita benar gak sih? apa saya doank yang merasa begitu? Gimana tidak merasa iri, sebelum adik-adik kita lahir rasanya dunia ini hanya punya saya sendiri dan kasih sayang, perhatian orang tua kita terasa nyata. Tapi setelah adik kita lahir semua berubah, yang tadinya tinggal dirumah berasa tinggal disurga kini terasa tinggal ditengah-tengah hutan yang dikelilingi binatang buas yang siap menerkam.


      Kalian anak sulung pasti pernah berfikir sepeti ini : ortu saya sebenernya sayang engga sih sama saya? jujur aja pasti kalian pernah berfikir seperti itu dan sebagai anak sulung saya juga pernah berfikir seperti itu. Tahukan kalian bahwa sesungguhnya orang tua kita sayang kepada kita, jika kehadiran adik kita membuatnya berubah yang tadinya begitu perhatiannya begitu terasa kini perlahan mulai hilang dan hampir hilang. Misalnya : 

1. Lagi Sakit

Ketika kita sakit orang tua kita dengan sigap membawa kita kedokter atau ke puskesmas atau membelikan kita obat, akan tetapi setelah adik kita lahir ketika kita lagi sakit orang tua cuma bilang "minum obat gih sana" tanpa berbuat apa-apa. 

2. Uang Jajan 

Kalau dulu uang jajan tak pernah kurang, sekarang klo minta uang jajan malah disuruh makan :(


Dan masih banyak contoh lainnya, disini saya bukan menyuruh untuk membenci adik kalian sendiri apalagi sampe membenci ortu kalian sendiri, karna mau bagaimanapun juga dia adalah saudara kita  dan orang tua kita yang sudah semestinya kita lindungi dan kita jaga dan karna merekalah kita bisa sampai sekarang ini dan begitupun adik kita apabila jika kita bisa jadi kakak yang baik dan contoh saudara yang baik pasti kelak akan menolong kita atau bahkan mengangkat derajat kita, biar saya jelasin sebagai anak sulung saya bisa ngerasain perbedaan-perbedaan tersebut, Perlu kita ingat bahwa sesungguhnya kita itu udah gede? Buktinya udah punya adik! Jika kita diperlakukan oleh orang tua kita seperti adik kita, otomatis kita akan selamanya menjadi anak-anak yang taunya dimanja dan dikasih uang jajan saja dan kalian akan selalu mengandalkan orang tua kalian dengan alasan apapun dan tidak akan tahu yang namanya mandiri. Oleh karena itu marilah kita berfikir lebih dewasa lagi dan lagi.

Memang kalau dimasukin kehati memang bikin perih kita sebagai kakak harus selalu mengalah sama adik kita bahkan merelakan mainan yang kita sayang dibanting-banting sama adik kita sampai hancur? saya alamin itu. Kalau dipikir lagi itu cuma mainan yang sebenarnya sudah tidak diperlukan lagi dan yang membelikannya juga orang tua kita. Kita rugi? Tentu tidak.

Orang tua kita memperlakukan kita berbeda dengan adik kita dengan tujuan mendidik supaya kita terlahir sebagai anak yang berbakti kepada orang tua dan bisa menjadi pedoman/contoh untuk adik-adik kita dengan sosok penyabar, tegar, dan peduli terhadap sesama dan saudara-saudaranya. Cintailah saudara kalian seperti kalian menyayangi mainan kesanyangan kalian. :)

No comments:

Post a Comment

-Silahkan berkomentar tentang artikel yang kami terbitkan dengan kritik, saran, dan pendapat.
-Seluruh komentar akan ditinjau dan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan